Angka Kecelakaan dan Gangguan Kamtibmas Dipastikan Alami Penurunan

- Selasa, 10 Mei 2022 | 22:27 WIB
Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana memastikan angka kecelakaan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana memastikan angka kecelakaan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

INSIDEN24.COM - Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana memastikan angka kecelakaan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada operasi ketupat lodaya arus mudik dan balik lebaran 2022 terjadi penurunan.

Hal tersebut disampaikan mantan Kapolres Tasikmalaya Kota tersebut saat silaturahmi ke para tokoh di Objek Wisata Kampung Adat Kampung Naga, dan memberikan bingkisan kepada pihak terkait yang membantu kelancaran operasi ketupat lodaya 2022.

Adapun yang diberikan apresiasi berkat sumbangsih nya dalam ikut serta membantu kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun ini adalah anggota Polres Tasikmalaya, TNI/Koramil Salawu, Dishubkominfo, BPBD, Puskesmas Salawu/Dinas Kesehatan.

Baca Juga: Antisipasi Tindak Kriminalitas Polisi Gelar Patroli KRYD

Kedatangan Suntana pun untuk mengecek operasi KRYD (Kegiatan Rutin Kepolisian Yang Ditingkatkan) yang sedang dilaksanakan oleh Polres Tasikmalaya dalam pantauan terhadap sisa kendaraan pada arus balik lebaran.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat, media dan pemudik semua, sehingga arus mudik dan balik lebaran pada operasi ketupat lodaya tahun ini berjalan lancar," ungkap Suntana, kepada wartawan.

Apalagi, kata dia, peran media sangat dirasakan karena sudah menyampaikan berbagai informasi tentang situasi dan kondisi arus mudik dan balik lebaran. Sehingga berjalan lancar.

"Situasi Kamtibmas bisa dikendalikan termasuk angka kecelakaan bisa ditekan. Kedatangan saya ke Kampung Naga, untuk mengucapkan terima kasih kepada anggota kami (Polres Tasikmalaya,Red) dan TNI serta instansi terkait lainnya," kata dia.

Baca Juga: Pasca IdulFitri, Kabupaten Garut Kembali Naik ke Level 2 Pada Masa Perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Mereka memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat dan pemudik sehingga arus mudik dan balik lebaran berjalan lancar dan aman.

"Khusus di Kampung Naga saya ingin bersilaturahmi karena dulu saat menjabat menjadi Kapolres Tasikmalaya kota sering mampir dan silaturahmi dengan para tokoh dan sesepuhnya," ujarnya.

Dia mendoakan agar masyarakat dan tokoh adat di Kampung Naga sehat, usaha nya lancar dan semakin ramai banyak dikunjungi oleh wisatawan demi untuk kesejahteraan masyarakat nya.

Dia menambahkan, untuk angka kecelakaan selama operasi ketupat lodaya tahun ini pada arus mudik dan balik lebaran, terjadi penurunan. Termasuk angka Kamtibmas terjadi penurunan.

"Dari evaluasi yang dilakukan bersama-sama, khususnya di Polda Jawa Barat, untuk angka kecelakaan atau Kamtibmas operasi ketupat lodaya tahun 2022, Alhamdulillah berkat semua pihak bisa dikendalikan dan menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," tambah dia.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Masyarakat, Polisi Gunakan Boneka Badut

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR menambahkan, kedatangan Kapolda ke Wisata Kampung Adat Kampung Naga sebagai bagian silaturahmi ke para tokoh dan masyarakat. Termasuk memantau situasi dan kondisi pada operasi KRYD di wilayah hukum Kabupaten Tasikmalaya.

"Termasuk memberikan bingkisan dan reward terhadap pihak terkait yang membantu jalannya arus mudik dan balik lebaran pada operasi ketupat lodaya 2022 yang berjalan lancar," ungkap dia.

Dia menambahkan, TNI, BPBD, Dishubkominfo, Dinas Kesehatan atau Puskesmas Salawu, pemerintah desa dan kecamatan termasuk kepolisian Polres Tasikmalaya diberikan bingkisan tersebut.

Editor: Anugrah A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X