Pemohon pembuatan Kartu AK-1 Meningkat Dikabupaten Ciamis Meningkat

- Jumat, 13 Mei 2022 | 22:27 WIB
Kepala Dinas ketenaga kerjaan Ciamis.
Kepala Dinas ketenaga kerjaan Ciamis.


INSIDEN24.COM - Sejak dibukanya kembali pelayana pembuatan kartu kerja AK-1 usai libur panjang atau hari raya idul Fitri Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis pada 9 Mei 2022 Jumlah pemohon pembuatan kartu Ak-1 mengalami peningkatan hingga 100%.Dilihat dari data yang jumlah peningkatan dari 2 hari sebelumnya.

Kepala Dinas ketenaga kerjaan Ciamis Okta Jabar  menyampaikan,Pemohon pembuatan kartu kuning seusai lebaran mengalami peningkatan yang akan mencari kerja ke luar daerah.Usai dibukanya pelayanan saat ini jumlah pemohon bisa lebih dari 100 orang bahkan 115 orang pemohan .Biasanya jumlah pemohon rata-rata di bulan Ramadan hanya 30 sampai 50 orang saja.

"Sangat meningkat usai dibuka nya kembali.peningkatan sangat besar paska libur panjang.Dihari-hari biasanya Disnaker Ciamis hanya melayani pemohon sekitar 50 orang saja," Ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telpon (13/5/2022).

Baca Juga: Belasan Siswa -Siswi Pingsan dalam Peringatan Hardiknas

Menurutnya,Banyak perusahaan diluar daerah yang membuka lowongan kerja sehingga banyak warga kabupaten Ciamis untuk mencari kerja ke luar daerah untuk melakukan pelamaran kerja. Padahal lanjut dia, perusahaan di kabupaten Ciamis juga banyak yang membuka lowongan namun mereka ingin mencari kerja ke daerah lain sambil mencari pengalaman .

" Dilihat dari data yang pemohon kebanyakan yang mencari kerja daerah Bandung bahkan Jakarta untuk melamar kerja ke daerah industri," katanya.

Baca Juga: Kesuksesan Menjalankan Operasi Ketupat 2022 Kinerja Polri Mendapat Apresiasi

Lanjutnya,  Bagi pencari kerja di Ciamis yang melaporkan ditahun 2021 sudah mendapat pekerjaan sekitar 6.109 orang. Jumlah tersebut hanya yang melaporkan ke kantor Dinas Tenaga Kerja saja. Sedangkan tahun ini jumlah pemohon kartu kuning sudah mencapai 30 ribu orang. Dengan kondisi yang makin landai covid- 19 ini, semua pemohon dapat diterima lamaran kerjanya. Dinas tenaga kerja kabupaten ciamis telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan/badan usaha utk bisa penyerapan pekerja dari tenaga kerja ciamis. Dan saat ini juga ada beberapa perusahan (perusahaan kayu olah, bulu alis dll) di kabupaten ciamis sedang merekrut pekerja, disamping dari perusahaan luar ciamis.

"Kami berharap kepada pemohon ketika sudah diterima d tempat kerjanya dapat memberitahuan kepada kami sebagi data base bagi kami dalam monev kinerja kami," jelasnya.(Ceng)***

Editor: Anugrah A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X