KKP RI Gandeng Pemkab Bangun Sentra Kuliner Ikan

- Minggu, 15 Mei 2022 | 00:11 WIB
Pembangunan sentra kulinel.
Pembangunan sentra kulinel.

INSIDEN24.COM - Bupati Garut, Rudy Gunawan, Sabtu (14/5/2022), mengungkapkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) akan membuat sebuah percontohan pemasaran hasil-hasil dari perikanan, dengan memanfaatkan dan merevitalisasi pasar ikan yang ada di daerah Tarogong.

"(Sebetulnya) sudah dibangun di (pasar ikan) Tarogong, tapi gagal pembangunannya, nah kementerian ini menganggap Garut ini destinasi wisatanya luar biasa, (sehingga) ingin diselesaikan lanjutannya, makanya Pak Direktur datang ke kami ini minta supaya ada kolaborasilah percepatan dalam rangka menyelesaikan masalah (pembangunan pasar ikan) di tahun ini," ujar Bupati Garut, usai menerima kunjungan kerja rombongan Direktorat Jenderal (Ditjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI, di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Bupati menyatakan, penyebab gagalnya pembangunan ini karena kurang profesionalnya pemborong yang mengerjakan pembangunan ini. Meski demikian, pihaknya berharap, bila selesai nanti bisa dihibahkan kepada Pemkab Garut.

BUBaca Juga: Bupati Garut Resmikan Aula Bangga Centre dan Aplikasi Sibangga-link

"Nanti kalau sudah selesai (akan) dihibahkan dari kementerian kepada Pemda Garut, ini juga terima kasih saya dapatkan ini (pembangunan pasar ikan) dari kementerian," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, KKP RI, Erwin Dwiyana, menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan yang terkendala di tahun 2021. Apalagi, menurutnya, pembangunan sentra kuliner ikan ini sudah mencapai 50 persen.

"Kami targetkan bisa selesai di tahun ini bersama-sama dengan bapak bupati dan jajaran, mudah-mudahan tahun ini bisa selesai sentra kuliner dan menjadi destinasi wisata kuliner yang baru di Kabupaten Garut tentunya," tutur Erwin.

Ia mengungkapkan pihaknya beralasan memilih Kabupaten Garut sebagai lokasi pembangunan sentra kuliner ikan ini, karena wilayah Jawa Barat bagian selatan khususnya Garut terkenal dengan ikan budidaya air tawarnya.

GBaca Juga: Melalui Gerakan Besar, Pemkab Garut akan Pelopori di Indonesia Wujudkan Generasi Emas 2045

Halaman:

Editor: Anugrah A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X