• Sabtu, 2 Juli 2022

Polsek Lakukan Pendampingan Vaksin Hewan Ternak Sapi untuk Cegah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

- Minggu, 15 Mei 2022 | 19:08 WIB
Pendampingan vaksin hewan ternak.
Pendampingan vaksin hewan ternak.

INSIDEN24.COM - Personel Polsek Panjalu Polres Ciamis Polda Jabar melakukan pendampingan kegiatan pemberian vaksin terhadap hewan ternak Sapi di sejumlah kandang Sapi di wilayah hukum Polsek Panjalu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka antisipasi dan mencegah meluasnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak khususnya Sapi di wilayah Kabupaten Ciamis.

Kegiatan vaksin hewan ternak tersebut dilaksanakan di dua kandang Sapi yang berada di Kecamatan Panjalu.

Baca Juga: Penetapan Status Wabah, Sebanyak 381 Hewan Ternak di Garut Terjangkit PMK

Meliputi Kandang Sapi H. Oyo di Dusun Paricariang dan Kandang Sapi H. Aan di Dusun Garahang Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Minggu (15/5/2022).

Kapolsek Panjalu Iptu Yaya Koswara mengatakan, pendampingan kegiatan pemberian vaksin PMK untuk Sapi ini merupakan upaya Polri mendukung Pemerintah dalam pencegahan meluasnya wabah PMK. Terkhusus di wilayah Kabupaten Ciamis sesuai dengan instruksi Kapolres Ciamis.

"Kami hadir disini untuk mendukung sekaligus mendampingi Petugas Lapangan Swadaya Dinas Perernakan dan Perikanan Endang Kartiwa untuk memberikan vaksin PMK kepada hewan ternak Sapi yang berada di Desa Panjalu. Hadirnya kami bagian dari pada tupoksi Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, upaya pencegahan meluasnya wabah PMK bagian dukungan Polri kepada Pemerintah yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat," katanya.

hewanBaca Juga: PMK Mewabah, Personel Polsek Banjarsari Sambangi Pasar Hewan Ternak untuk Lakukan Ini

Sebagai informasi, total sapi di kandang milik H. Oyo sebanyak 105 ekor dalam keadaan sehat. Namun terdapat 15 ekor sapi yang demam suhu rendah akibat cuaca dan untuk antisipasi pencegahan terpapar wabah PMK maka kami berikan sutik vaksin oelh petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis.

Sementara untuk Sapi di kandang milik H. Aan berjumlah 100 ekor. Semua sapi yang ada di kandang milik H. Aan dalam keadaan sehat.

Iptu Yaya Koswara menghimbau kepada para pemilik peternakan Sapi untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan meluasnya wabah PMK. Salah satunya yakni berani meminta bantuan penanganan pencegahan berupa suntik vaksin PMK jikalau hewan ternaknya kurang sehat dan lain sebagainya.

"Jangan takut untuk melaporkan kepada petugas dilapangan, khususnya anggota Bhabinkamtibmas Polsek Panjalu. Kami siap membantu untuk menjadi penghubung warga dengan Dinas terkait dalam penanganan wabah PMK pada hewan ternak. Polri bersinergi dengan pemerintah untuk mengentaskan permasalahan wabah PMK khususnya di wilayah hukum Polres Ciamis," pungkasnya.(Ceng)***

Editor: Anugrah A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X