• Kamis, 7 Juli 2022

Fenomena 5 Planet Sejajar 24 Juni 2022, Setelah 18 Tahun Kembali Terjadi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 08:06 WIB
Ilustrasi fenomena planet sejajar 24 Juni.* (Pixabay/KERBSTONE)
Ilustrasi fenomena planet sejajar 24 Juni.* (Pixabay/KERBSTONE)

INSIDEN24.COM – Fenomena langka Antariksa akan kembali terjadi, tepatnya pada 24 Juni 2022. Setelah 18 tahun, akhirnya fenomena 5 planet sejajar ini dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut fenomena 5 planet sejajar tersebut di antaranya adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, diikuti dengan kemunculan Bulan, di antara 5 planet tersebut yang mana posisi bulan bisa menunjukan posisi planet Bumi.

Menurut Peneliti Astronomi dan Astrofisika (BRIN), Clara Yatini mengatakan, fenomena 5 planet sejajar ini bisa dilihat di mana pun, bisa dengan mata telanjang atau tanpa alat bantuan teleskop dan untuk mengamatinya sebelum matahari terbit.

Baca Juga: Catat Waktunya! Fenomena 5 Planet Sejajar Kembali Terjadi, Dapat Dilihat dengan Mata Telanjang

Fenomena 5 planet sejajar ini termasuk langka, meski demikian, peristiwa sejajarnya kelima planet dalam Galaksi Bima Sakti ini tidak berdampak langsung bagi Bumi.

Lebih lanjut, dikutip Rabu, 22 Juni 2022, oleh peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang mengatakan jika sebenarnya planet Uranus juga ikut serta dalam fenomena tersebut, hanya saja untuk mengamati Uranus diperlukan bantuan teleskop minimal berukuran lensa 10 cm.

"Karena kecerlangan Uranus hanya mencapat +5,9, nah ini kalau kondisi langit yang cukup redup tanpa polusi cahaya sebenarnya dapat kelihatan. Di wilayah perkotaan, batas kecerlangan +4,7 butuh alat bantu teleskop, teleskopnya kecil, berukuran 10 cm," ujarnya.

Baca Juga: BMKG: Suhu Panas Di Indonesia bukan Fenomena Gelombang Panas

Adapun menurut keterangan Dr Greg Brown dari petugas Astronomi Publik di Royal Museums, untuk mengetahui jam berapa kita harus mengamati fenomena tersebut, ini penjelasannya, Venus dan Jupiter akan menjadi planet yang paling mudah dilihat, dengan Venus di atas cakrawala sekitar pukul 04.00 pagi waktu Inggris.

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Bob Tutupoly dan Jejak Kariernya

Selasa, 5 Juli 2022 | 14:02 WIB
X