• Rabu, 17 Agustus 2022

Resmikan Bale Adhyaksa; Bupati Herdiat Harapkan Perkara Ringan Bisa Diselesaikan Diluar Persidangan

- Rabu, 6 Juli 2022 | 13:57 WIB
Bupati Ciamis, Dr., H., Herdiat Sunarya, MM., meresmikan Bale Adhyaksa Restorative Justice (RJ), (Dok/Nur)
Bupati Ciamis, Dr., H., Herdiat Sunarya, MM., meresmikan Bale Adhyaksa Restorative Justice (RJ), (Dok/Nur)

INSIDEN24.COM- Bersama Kajari dan jajaran Forkopimda, Bupati Ciamis, Dr., H., Herdiat Sunarya, MM., meresmikan Bale Adhyaksa Restorative Justice (RJ), secara serentak di 5 Kewadanaan, Kabupaten Ciamis, bertempat di Korwil Pendidikan Kecamatan Ciamis, pada Rabu (06/07/2022).

Acara tersebut juga dilaksanakan secara virtual, dan diikuti oleh seluruh Camat, serta Kepala Desa di 5 Kewadanaan, Kabupaten Ciamis.

Peresmian Bale Adhyaksa, ditandai dengan penekanan tombol sirine, dan pembukaan tirai secara bersama-sama oleh Bupati Ciamis, bersama Wakil Bupati Ciamis, Sekda Ciamis, dan Kajari Ciamis.

Bupati Ciamis, memberikan apresiasi atas inovasi, dan kreasi Kejaksaan dengan diresmikannya Bale Adhyaksa, sebagai Rumah Restorative Justice, bagi 5 Kewadanaan Ciamis.

Restoratif Justice ini merupakan sarana mediasi perkara ringan yang dilakukan oleh Jaksa, dengan disaksikan para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat setempat.

"Kami berharap dengan adanya tempat tersebut masalah-masalah ringan bisa diselesaikan dengan damai di luar persidangan, dengan syarat yang telah ditentukan sesuai dengan undang-undang,"ucapnya

Menurutnya, peresmian Bale Adhyaksa, tersebut merupakan satu terobosan luar biasa semata-mata untuk melindungi masyarakat dengan perkara kecil, atau ringan.

"Disini dituntut peran pemerintah dari tingkat Kabupaten sampai Desa/Kelurahan serta tokoh masyarakat, tokoh ulama untuk sama-sama memediasi orang-orang agar tidak sampai ke kepolisian,"terangnya

"Kerjasama, dan kolaborasi semua pihak akan mendukung sukses tidaknya bale ini,"ujarnya

Halaman:

Editor: Baehaki Efendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepolisian Resor Ciamis Gelar Operasi Yustisi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:30 WIB

Polres Ciamis Gelar Akselerasi percepatan vaksinasi

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:48 WIB
X