• Minggu, 14 Agustus 2022

15 Rumah Warga di Cikoneng Retak-retak Akibat Pergerakan Tanah

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:26 WIB
15 rumah warga mengalami retak-retak akibat pergerakan tanah di Dusun Desa, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.* (insiden24.com)
15 rumah warga mengalami retak-retak akibat pergerakan tanah di Dusun Desa, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.* (insiden24.com)

INSIDEN24.COM - Sebanyak 15 rumah warga mengalami retak-retak akibat pergerakan tanah di Dusun Desa, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Peristiwa itu terjadi Selasa, 2 Agustus 2022.

Pantauan insiden24.com retak-retak terjadi pada tembok lantai dan tembok dinding rumah. Ukuran lebar retakan sekitar 1 sampai 5 centimeter. Retakan juga terjadi pada saluran air dan kolam serta bagian jalan. Sehingga air masuk ke dalam retakan hingga nyaris surut.

Menurut penilaian Pemerintah Desa Nasol, umumnya rumah yang retak akibat pergerakan tanah itu termasuk dalam kategori ringan. Meski ada beberapa yang masuk dalam kategori rusak sedang. Rumah tersebut masih layak huni sehingga warga belum ada yang mengungsi.

Baca Juga: Tanggapan Menohok Ustadz Derry Sulaiman pada Kasus Praktek Ilmu Supranatural Gus Samsudin

"Pergerakan tanah ini terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Tidak ada hujan tapi tiba-tiba terjadi sehingga menimbulkan banyak rumah retak. Panjang retakan sekitar 250 meter, lebarnya 5 centimeter, tapi ada beberapa titik yang sampai 10 centimeter," ujar Sekdes Nasol Abdul Latif.

Latif menegaskan sejauh ini warga tidak ada yang mengungsi karena kerusakan masih dalam kategori ringan. Retakan hanya terjadi pada dinding dan tembok luar.

"Sekitar 15 rumah. Retakan belum sampai ke dalam rumah, bagian luarnya saja," ucapnya.

Pemerintah Desa Nasol pun akan berupaya menutup retakan yang ada dalam saluran air dan jalan. Tujuannya agar tidak terjadi retakan yang semakin parah. Terutama saat hujan turun karena air bisa saja masuk ke dalam retakan dan membuat retakan semakin besar.

Baca Juga: Trik Pengobatan Ghaib Gus Samsudin Dibongkar, Nahdhatul Ulama: Jangan Tertipu Dukun Abal-abal

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI-Polri Giat Bakti Sosial Pasca Banjir

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:50 WIB

Patroli Himbauan Kamtibmas Polisi Kepada Masyarakat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:36 WIB

Polres Ciamis Kembali Gelar Binrohtal

Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:28 WIB
X