• Minggu, 14 Agustus 2022

Mengenal 2 Pilot yang Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki pada Tahun 1945

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 20:26 WIB
Paul Tibbets dan Charles Sweeney
Paul Tibbets dan Charles Sweeney

INSIDEN24.COM - Salah satu peristiwa jatuhnya bom atom uranium jenis bedil di dua wilayah Jepang menjadi saksi bisu ribuan nyawa terengut pada kala itu.

Dampak dari bom arom uranium jenis bedil yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki menjadi puncak kekelahan Jepang kepada Amerika Serikat.

Di balik kesuksesan Amerika Serikat dalam menjalankan misi militernya untuk meruntuhkan Jepang tidak lain dengan bantuan dua pilot tempur yang telah menjalani pelatihan khusus.

Baca Juga: Masih Ingat Joni Si Pemanjat Tiang Bendera 17 Agustus? Begini Keadaanya Sekarang

Kedua pilot tersebut Paul Tibbets dan Charless Sweeney adalah dua eksekutor pembawa bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang menjadi kesuksesan taktik Amerika Serikat.

Paul Tibbets awalnya sempat tidak mendapat restu dari sang ayah untuk mengikuti pelatihan di Randolph Field, pada saat itu Paul Tibbets menjabat sebagai Komandan Skuadron Bombardemen ke-340 mendapat kepercayaan untuk memgemban tugas dalam misi pengeboman Hiroshima.

Sebelum misi itu dilaksanakan Paul Tibbets lebih dulu melakukan latihan menjatuhkanbom atom bersama 509 Composite Group di Pangkalan Angkatan Udara Wendover, Utah selama sembilan bulan.

Pada bulan Mei 1945 Tibbets dipindahkan ke pulau Tinian untuk menunggu instruksi misi Hiroshima dan Nagasaki.

Paul Tibbets membawa atom Little Boy denganmenggunakan pesawat Enola Gay. Paul Tibbets dikenal dengan julukan Pahlawan Nasional di negaranya.

Halaman:

Editor: F Riad

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X