• Minggu, 14 Agustus 2022

Cacar Monyet di Jawa Tengah Masih Suspek, Ganjar Imbau Warga Tetap Waspada dan Tidak Panik

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:21 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluhkan soal pengetatan pintu masuk ke Indonesia menyusul munculnya cacar monyet di Jateng. (Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluhkan soal pengetatan pintu masuk ke Indonesia menyusul munculnya cacar monyet di Jateng. (Pemprov Jateng)

INSIDEN24.COMGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan bahwa cacar monyet di Jawa Tengah masih suspek sehingga warga diimbau tidak panik namun tetap waspada.

Namun demikian, Gubernur Ganjar berharap pemerintah pusat menjaga ketat pintu masuk ke Indonesia. Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi wabah cacar monyet yang muncul di sejumlah negara asing,

Dilansir dari laman jatengprov.go.id, Rabu 3 Agustus 2022, Ganjar menjelaskan, wabah cacar monyet atau Monkeypox menjadi perhatian di wilayahnya.

Baca Juga: Densus 88 Menangkap Satu Terduga Teroris Jamaah Islamiyah di Aceh

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, pada laporan terbaru terdapat satu warga Jawa Tengah yang memiliki gejala cacar monyet.

Pasien tersebut masih berstatus sebagai suspek dan dirawat di salah satu rumah sakit di Jawa Tengah.

Ganjar menegaskan pasien tersebut statusnya bergejala, namun belum dapat dipastikan positif cacar monyet.

Sebelumnya, ditemukan kasus serupa, pasien dengan gejala mirip Monkeypox. Namun setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif.

Ganjar meminta agar seluruh komponen masyarakat tetap waspada dan mengimbau masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah untuk tidak panik. Tetap menjaga pola hidup sehat dan protokol kesehatan agar wajib dilakukan atas kesadaran masing-masing.

Halaman:

Editor: F Riad

Sumber: Pemprov Jateng, Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KH Zaenal Musthafa Pahlawan Nasional Asal Tasikmalaya

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:19 WIB
X