• Minggu, 4 Desember 2022

Profil Pahlawan Revolusi: Brigjen Anumerta Katamso

- Minggu, 25 September 2022 | 12:18 WIB
Brigjen Anumerta Katamso, Pahlawan Revolusi Indonesia (dok. Kemsos)
Brigjen Anumerta Katamso, Pahlawan Revolusi Indonesia (dok. Kemsos)

INSIDEN24.COM - Peristiwa kekejaman G30S PKI terus membekas sampai saat ini, setiap tahun di bulan September masyarakat Indonesia selalu mengingat akan peristiwa kelam yang terjadi di Indonesia, salah satu korbannya adalah Brigjen Katamso Darmokusumo atau lebih di kenal dengan Brigjen Katamso.

Brigjen Katamso lahir di Sragen Jawa Tengah pada tanggal 05 Februari 1923, dia menghabiskan sekolahnya di daerah Sragen dari sekolah dasar sampai sekolah menengah.

Katamso muda mengawali karir di militer dengan pendidikan tentara PETA di Bogor jabar, kemudian setelah masa kemerdekaan Indonesia tahun 1945, Beliau bergabung dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) yang kemudian berubah menjadi TNI.

Baca Juga: Mobil Pick Up Pembawa Ikan Terguling di Jalan Panawangan Ciamis

Katamso sering ditunjuk sebagai komandan perang seperti ketika terjadi Agresi Militer Belanda, beliau memimpin pasukan untuk berkali-kali melakukan pertempuran mengusir Belanda dari Indonesia serta menjadi komandan keamanan negara, karena pada waktu itu banyak sekali masalah baik dari dalam mapun luar negeri yang mengancam kedaulatan Indonesia.

Pada tahun 1958 dibawah pimpinan Kolonel Ahmad yani berhasil menumpas gerakan pengacau NKRI dan bertugas menumpas pemberontakan yang dilakukan oleh PRRI/Permesta.

Pada tahun 1963 Katamso diberi amanah jabatan sebagai Komandan Korem 072 Kodam VII/Diponegoro yang berkedudukan di Yogyakarta, selain itu Katamso sudah mencurigai akan adanya pemberontakan dari PKI karena paham ini sudah meluas sampai ke daerah daerah di Jawa Tengah.

PKI melancarkan penculikan terhadap Komandan Korem 072/Pamungkas dan Kepala Staf Korem Letnan Kolonel Sugiono pada tanggal 1 Oktober 1965 sore hari.

Baca Juga: Opening Konser Westlife di Sentul, Kemeriahan Diawali Lagu Terbarunya Starlight

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia 9 Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Rabu, 23 November 2022 | 06:05 WIB

Melihat Lebih Dekat Strategi Polri Amankan KTT G20

Selasa, 15 November 2022 | 13:19 WIB
X