• Minggu, 4 Desember 2022

Di Sidang PBB, China Ultimatum Dunia Soal Ketegangan dengan Taiwan

- Senin, 26 September 2022 | 06:01 WIB
 (Foto: Tangkap Layar Youtube Chanel : CGTN )
(Foto: Tangkap Layar Youtube Chanel : CGTN )

INSIDEN24.COM- Menteri luar negeri China Wang Yi berbicara terkait hubungan China dengan Taiwan. Ia menyebut Beijing ingin menggunakan cara damai agar Taiwan menjadi wilayah mereka. Hal tersebut diungkapkan dia pada saat sidang Umum PBB, Sabtu (24/9/2022).

“Setiap skema untuk mencampuri urusan dalam negeri China pasti akan ditentang keras oleh semua warga China, dan setiap langkah untuk menghalangi reunifikasi China pasti akan dihancurkan oleh roda sejarah,” kata Wang Yi dalam debat tahunan tersebut yang dikutip dari VOA.

Di sisi lain ketegangan meningkat antara Beijing dan Washington dalam beberapa bulan terakhir, lantaran adanya delegasi Kongres AS telah mengunjungi Taiwan.

Baca Juga: Benarkah Ada Kudeta Presiden Xi Jinping di Tiongkok?

Kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi pada awal Agustus memicu kemarahan Beijing untuk menembakkan setidaknya 11 rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan dalam latihan militer tembakan langsung sehari setelah dia meninggalkan pulau itu.

“Sejak zaman kuno, Taiwan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kedaulatan dan integritas teritorial China,” kata Wang.

Dia mengatakan untuk mewujudkan tujuan reunifikasi damai, Beijing harus mendahului kegiatan separatis.

“Untuk mewujudkan tujuan ini, kita harus memerangi kegiatan separatis kemerdekaan Taiwan dengan tekad yang paling kuat dan mengambil langkah paling kuat untuk menentang campur tangan eksternal,” katanya.

Wang menegaskan kembali prinsip "Satu China", dengan mengatakan itu telah menjadi norma dalam hubungan internasional.

Halaman:

Editor: Iman M

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia 9 Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Rabu, 23 November 2022 | 06:05 WIB

Melihat Lebih Dekat Strategi Polri Amankan KTT G20

Selasa, 15 November 2022 | 13:19 WIB
X