• Minggu, 4 Desember 2022

Mitigasi Bencana Longsor dan Banjir di Wilayah Pegunungan Pamokolan-Cihaurbeuti, Ciamis

- Senin, 26 September 2022 | 13:39 WIB
Desa Pamokolan
Desa Pamokolan

INSIDEN24.COM-Biasanya antara bulan April-Oktober terjadi perubahan iklim serta musim, ya..musim dingin dan hujan.

Namun akibat intensitas hujan itu, di sebagian wilayah sekitaran lereng pegunungan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sering terjadi bencana tanah longsor dan banjir.

Baca Juga: Komentar Puadi, Pelanggaran Netralitas ASN Pada Pemilu 2024 Diprediksi Masih Marak

Upaya yang dilakukan Kepala Desa Pamokolan, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Drs. Aon Nulhakim, guna kenyaman 5.800 warganya yang berada di lima kedusunan, menyiasatinya dengan rekayasa berupa tips khusus mitigasi bencana (upaya pencegahan).

Menurut Drs. Aon Nulhakim, karena pihaknya juga selaku penggiat Taruna Siaga Bencana (Tagana). Tips khusus untuk mitigasi longsor dan banjir diantaranya:

Baca Juga: Zee JKT48 Minta Maaf Atas Kejadian Viral Isap Pod Vape

Fungsi hutan tetaplah hutan tidak dialih fungsikan lahannya, intens memberikan penyuluhan serta memotivasi penyadaran masyarakat di berbagai kegiatan kemasyarakatan seperti kegiatan pengajian, posyandu, musyawarah mulai dari tingkat  Rt, Rw, Kedusunan, Desa dan lainnya.

Baca Juga: Avatar atau dikenal sebagai James Cameron's Avatar, adalah film fiksi ilmiah petualangan Amerika Serikat tahu

"Selalu mengkampanyeukan akan kelestarian hijau disekitar lingkungan tempat tinggal serta lainnya dan bahkan hutan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Bambang Bu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tingkat Konsumsi Ikan Warga Pangandaran Sangat Rendah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:23 WIB
X