• Minggu, 4 Desember 2022

Tips Nyaman, Mitigasi Bencana Longsor dan Banjir di Wilayah Pegunungan Pamokolan, Cihaurbeuti, Ciamis

- Senin, 26 September 2022 | 15:34 WIB
Kepala Desa Pamokolan, Cihaurbeuti, Ciamis dan penggeliat Tagana, Drs. Aon Nulhakim.* (Junjun B/insiden24.com)
Kepala Desa Pamokolan, Cihaurbeuti, Ciamis dan penggeliat Tagana, Drs. Aon Nulhakim.* (Junjun B/insiden24.com)

INSIDEN24.COM - Musim penghujan yang biasa terjadi antara bulan April-Oktober merupakan siklus alam dalam menyeimbangkan kehidupan di muka bumi.

Ada hujan dan ada kemarau, bila kedua musim seimbang maka tidak akan ada persoalan yang perlu dikhawatirkan.

Berbeda cerita ketika intensitas curah hujan terlalu tinggi disinyalir akan menyebabkan terjadinya bencana seperti banjir dan longsor.

Seperti warga Desa Pamokolan yang tinggal di wilayah sekitar lereng pegunungan yang khawatir jika intenitas curah hujan tinggi.

Baca Juga: Samapta Polres Ciamis Sambangi Pontren Riyadlul Huda 

Dikonfiirmasi insiden24.com, Kepala Desa Pamokolan, Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Drs. Aon Nulhakim mengatakan tips mengatasi bahaya banjir dan longsor adalah dengan tips khusus mitigasi bencana atau upaya pencegahan.

Aon mengatakan warganya sekitar 5.800 jiwa tersebar di 5 dusun diantaranya Dusun Desa, Dusun Cikalapa, Dusun Pasajen, Dusun Kersamenak dan Dusun Pamokolan.

Aon Nulhakim yang juga seorang penggiat Tagana memaparkan strategi penanggulangan atau mitigasi banjir dan longsor diantaranya dengan menjaga kelestarian hutan jangan sampai dialihfungsikan.

"Pertama upaya yang dilakukan adalah menjaga kelestarian hutan, dihijaukan, jangan sampai hutan itu dirusak atau dialihfungsikan," katanya.

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tingkat Konsumsi Ikan Warga Pangandaran Sangat Rendah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:23 WIB
X