• Minggu, 29 Januari 2023

Melihat Lebih Dekat Strategi Polri Amankan KTT G20

- Selasa, 15 November 2022 | 13:19 WIB
Kepolisian Republik Indonesia (Polri), menggelar operasi Puri Agung 2022 guna mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali (Dok/Nur)
Kepolisian Republik Indonesia (Polri), menggelar operasi Puri Agung 2022 guna mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali (Dok/Nur)

INSIDEN24.COM- Kepolisian Republik Indonesia (Polri), menggelar operasi Puri Agung 2022 guna mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Melalui command center yang dibuat di wilayah Nusa Dua Bali, Polri pun memantau semua pengamanan KTT G20.

Kapolri Jenderal., Listyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa dalam command center ini, ada 16 fitur yang tersambung. Mulai dari pengaman jalur, serangan siber, pengamanan unjuk rasa, dan teror, hingga kontijensi bencana alam.

"Terkait dengan peringatan gempa. Jadi apabila ada gempa ada alert ataupun peringatan sehingga personel kita mengikuti karena memang kita sudah persiapan kontijensi plan apabila terjadi bencana,"kata Kapolri

Selain itu, dalam command center ini juga bisa mengetahui kecepatan angin. Hal ini penting jika ada delegasi dan tamu VVIP melintas di jalan tol. Selanjutnya, ada kamera yang tersambung dengan CCTV yang tersambung di semua sudut baik di bandara hingga pelabuhan baik di Banyuwangi, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kamera ini dilengkapi dengan face recognition yang kita sambungkan dengan data-data dari Dukcapil dan Imigrasi. Jadi setiap masyarakat atau tamu yang turun melintasi CCTV atau kamera yang kita pasang akan muncul data-data,"katanya

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan database terkait dengan orang-orang yang masuk daftar kepolisian, baik dalam kasus kriminal maupun teror yang bisa mengganggu jalannya KTT G20.

"Itu semua jika terekam kamera kita akan ada notifikasi dan dari situ kita sudah siapkan anggota melakukan langkah lanjut pengamanan,"katanya

Kemudian, ada juga monitor yang melakukan pemantauan terhadap anggota yang berjaga. Mulai dari anggota lalu lintas, sabhara, brimob dan lainnya. Hal ini penting agar jika ada kendala dalam pengamanan bisa termonitor dan mengetahui langkah selanjutnya.

Halaman:

Editor: Dede Asyari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SIM C Kini Terbagi Menjadi 3 Golongan, Ini Aturannya

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:59 WIB

Polri Kembali Gelar Hoegeng Awards

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:50 WIB

Berkah Imlek, 26 Narapidana Khonghucu Dapat Remisi 

Minggu, 22 Januari 2023 | 14:30 WIB
X