• Minggu, 14 Agustus 2022

Land of Wakaf Teras Lembang, Workshop dan Business Matching Pengembangan Aset Wakaf

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:50 WIB
Presentasi Workshop dan Business Matching Pengembangan Aset Wakaf.* (SF)
Presentasi Workshop dan Business Matching Pengembangan Aset Wakaf.* (SF)

INSIDEN24.COM - Direktorat Pasar Modal Syariah–Otoritas Jasa Keuangan (DPMS–OJK) bekerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Forum Wakaf Produktif (FWP), PT Bursa Efek Indonesia (PT BEI), Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI), dan Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) telah menyelenggarakan kegiaran Workshop dan Business Matching Pengembangan Aset Wakaf pada 4 Agustus 2022 lalu, bertempat di Ruang Makara 3, Ground Floor, Hotel Double Tree Jakarta.

Acara ini dibuka oleh master of ceremony (MC) Atika Kamilia dari Direktorat Pasar Modal Syariah-Otoritas Jasa Keuangan, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Holi Ahsan, kemudian sambutan dari Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1B Otoritas Jasa Keuangan oleh Novira Indianingrum dan Wakil Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia oleh Imam Teguh Saptono.

“Hasil pemetaan atas survey yang telah dilakukan dalam kegiatan workshop. Terdapat lebih dari sepuluh nazir yang memiliki project pengembangan aset wakaf dan memiliki minat serta rencana untuk melakukan pendanaan melalui Pasar Modal Syariah. Kami menyambut baik atas antusiasme para nazir yang ingin masuk ke Pasar Modal Syariah”, tutur Direktorat Pasar Modal Syariah – Otoritas Jasa Keuangan, Atika, dalam sambutannya.

Baca Juga: Program Pondok IT, Pelatihan SDM Melek Teknologi dan Berakhlak Kini Hadir di Bandung

Agenda kegiatan dibagi menjadi 2 sesi, di mana sesi pertama para peserta dibagi menjadi 5 kelompok dan membahas satu project yang menjadi case studi sebagai bahan diskusi, yang dipandu oleh Imam Teguh Saptono selaku Wakil Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia.

Sedangkan sesi kedua, dilakukan business matching antara nazir dan para pelaku pasar modal syariah yang dipandu oleh Budin Sukmarini selaku Kepala Bagian Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan.

Dari kelima project tersebut, Sinergi Foundation mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan project yang sedang dikembangkan, yakni Kawasan Wisata Wakaf Produktif Terpadu Teras Lembang.

Dalam presentasi, Sinergi Foundation menjelaskan bahwa project ini dibangun dan dikembangkan karena melihat kebanyakan tempat wisata berada di kawasan Lembang dan dikunjungi hampir 6 juta per tahunnya. Bahkan berdasarkan data terakhir yang di dapat masyarakat yang berkunjung ke daerah Lembang menginjak angka 7 juta.

Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, Sinergi Foundation berusaha untuk membuat sebuah konsep wisata terpadu berbasis wakaf di kawasan Teras Lembang dengan luas kurang lebih 4,3 Hektar.

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Inspirasi Usaha Modal 1 Juta Bagi Pemula

Minggu, 17 Juli 2022 | 21:38 WIB
X