• Minggu, 14 Agustus 2022

Trik Pengobatan Ghaib Gus Samsudin Dibongkar, Nahdhatul Ulama: Jangan Tertipu Dukun Abal-abal

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:25 WIB
Nahdhatul Ulama: Jangan Tertipu Dukun Abal-abal Gus Samsudin.* (Kolase laman NU Online x Gus Samsudin)
Nahdhatul Ulama: Jangan Tertipu Dukun Abal-abal Gus Samsudin.* (Kolase laman NU Online x Gus Samsudin)

 

INSIDEN24.COM - Setelah mengetahui trik pengobatan spiritual Gus Samsudin ternyata hanya sulap belaka, Nahdhatul Ulama memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

Selain memberikan tanggapan, Nahdhatul Ulama pun berikan nasihat kepada masyarakat agar tidak tertipu trik pengobatan berkedok dukun, seperti yang dipraktekkan Gus Samsudin.

"Masyarakat itu perlu diedukasi bahwa setiap masalah mempunyai pakar atau ahlinya masing-masing. Itu termuat dalam Al Qur’an fas`alu ahla adz-dzikri inkuntum laa ta'lamuun. Dalam hal (kesehatan) ini pakar atau ahlinya sudah jelas, yaitu dokter,” terang Makky kepada NU Online, Selasa 2 Agustus 2022.

Baca Juga: Tanggapan Menohok Ustadz Derry Sulaiman pada Kasus Praktek Ilmu Supranatural Gus Samsudin

Bisa dikatakan ahli medis kalau sudah tersertifikasi dan ada tempatnya, seperti rumas sakit, klinik, dan lainnya. Itu penting dipahami oleh masyarakat,” tutur pemilik Klinik Manar Medika, Depok itu.

Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Makky Zamzami, memberikan penjelasan agar masyarakat konsultasi kesehatan pada pakar atau ahlinya, bukan pada dukun abal-abal.

"Kalau misalnya butuh konsultasi secara emosional, ada psikolog, kiai (ahli hikmah) yang bisa diajak konsultasi terkait masalah-masalah kebatinan atau emosional,” kata Makky seperti dikutip insiden24.com dari laman NU Online, Rabu, 3 Agustus 2022.

Menurutnya, meminta nasihat kepada kiai merupakan hal yang tidak dilarang selama itu tidak menyimpang dan sebagai wasilah kepada Allah SWT.

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesulap Merah Bongkar Trik Dukun Pelet Orang

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:42 WIB

Nathalie Holscher Pasrah Jadi Single Parent

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:16 WIB
X