• Rabu, 30 November 2022

Penetapan Status Wabah, Sebanyak 381 Hewan Ternak di Garut Terjangkit PMK

- Minggu, 15 Mei 2022 | 13:57 WIB
Sebanyak 381 hewan ternak terpapar PMK di wilayah Garut.* (Ilustrasi pixabay.com)
Sebanyak 381 hewan ternak terpapar PMK di wilayah Garut.* (Ilustrasi pixabay.com)

INSIDEN24.COM - Kabupaten Garut terdapat sekitar 381 sapi yang dinyatakan positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tersebar di 9 kecamatan di Kabupaten garut.

Gejala PMK pada hewan ternak ini sudah terdeteksi sejak Idul fitri lalu, dan segera mendapatkan pengobatan hingga pada saat ini bisa dikatakan sembuh.

Dikutip insiden24.com dari prfmnews bahwa Wakil Bupati Garut Helmi Budiman melakukan pengecekan hewan ternak di Desa Kandang Mukti, Kamis 12 Mei 2022.

Baca Juga: Antisipasi PMK, Polres Ciamis Terus Koordinasi dengan Instansi Terkait

"Ini sebabnya sudah banyak penyembuhan, di awal itu diperiksa oleh dinas (Dinas Perikanan dan Peternakan) itu gejala mulutnya sangat kentara, kemudian kakinya meleleh, terus dari kaki kukunya juga, nah sekarang saya lihat sudah pada sembuh," ujar Helmi dikutip dari laman Humas Pemkab Garut, Minggu 15 Mei 2022.

Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Garut diketahui sapi yang terpapar ada 381 ekor, naik dari sebelumnya 299 ekor.

Baca Juga: PMK Mewabah, Personel Polsek Banjarsari Sambangi Pasar Hewan Ternak untuk Lakukan Ini

Mengingat kondisi jumlah ternak yang terus bertambah Pembak Garut ajukan penetapan status wabah kepada pemrov Jabar.

"Ini sudah diusulkan dan pak gubernur sudah mengusulkan ke kementerian agar ini ditetapkan sebagai wabah, karena penetapan statusnya dikementerian, ungkapnya.

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X