• Sabtu, 2 Juli 2022

Sejarah PMK di Indonesia dan Apakah PMK dapat Menular pada Manusia?

- Senin, 16 Mei 2022 | 12:16 WIB
Pemerintah sudah turun tangan untuk menangani wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). (Instagram.com/@kementerianpertanian)
Pemerintah sudah turun tangan untuk menangani wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). (Instagram.com/@kementerianpertanian)

INSIDEN24.COM - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau dengan nama lain aphthae epizootica (AE), aphthous fever, foot and mouth disease (FMD) pada hewan ternak dapat menular kepada manusia?

Jenis penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak ini ternyata tidak menular kepada manusia, namun pada hewan penyakit ini dapat menular dengan sangat cepat dengan suhu yang sejuk dan hewan berdekatan.

Keberadaan adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak disinyalir dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar jika tidak ditangani dengan serius.

Baca Juga: Penetapan Status Wabah, Sebanyak 381 Hewan Ternak di Garut Terjangkit PMK

Dilansir insiden24.com dari laman Kementerian Pertanian bahwa upaya telah dilakukan dengan membatasi lalu lintas ternak.

"Lalu lintas ternak sudah kita awasi baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, sementara untuk pemotongan hewan juga sudah kami berikan surat edaran untuk dilakukan secara ketat," ujar Nasrullah, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Sebelumnya wabah penyakit mulut dan kuku ini menjangkiti sapi di daerah Jawa Timur kini sudah meluas hingga ke kota dan kabupaten terutama di daerah Jawa Barat.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian per tanggal 5 Mei 2022, kasus PMK ini telah menginfeksi sekitar 1.296 ekor sapi di Jawa Timur.

Baca Juga: Antisipasi PMK, Polres Ciamis Terus Koordinasi dengan Instansi Terkait

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui 4 Cara Jitu Mengontrol Ego

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:12 WIB

Bahaya Tidur di Lantai, Ketahui Alasannya

Minggu, 19 Juni 2022 | 11:09 WIB
X