• Kamis, 7 Juli 2022

Aman dari Penularan PMK, Dokter Hewan WIF Lakukan Pemeriksaan dan Berbagi Tips Pengolahan Daging

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:03 WIB
drh. Taryat Ali Nursidik periksa hewan kurban di kandang WIF.* (Dok)
drh. Taryat Ali Nursidik periksa hewan kurban di kandang WIF.* (Dok)

INSIDEN24.COM - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD), tak bisa dipandang sebelah mata. Cepatnya virus ini menyebar dan menular tak hanya menyebabkan hewan sakit, tapi juga kematian.

Dilansir dari channel Youtube Kementerian Pertanian (Kementan) 13 Juni 2022, diwakili Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri menjelaskan wabah PMK sudah menyebar ke 180 kabupaten di 18 Provinsi dengan jumlah kematian sapi mencapai 695 ekor.

Dengan rincian jumlah hewan yang sakit atau terinfeksi PMK terdata sebanyak 150.630 ekor. sementara hewan ternak yang sudah sembuh dari PMK sebanyak 39.887 ekor, serta yang masuk dalam kategori potong bersyarat sebanyak 893 ekor.

Baca Juga: Pengecekan Kondisi Hewan Ternak Sapi di Panjalu

Tim Waqf Integrated Farm (WIF) pun lakukan ikhitar pencegahan melalui instruksi drh. Taryat Ali Nursidik.

Sapan akrab Abah Tariyat ini mengatakan selain tak lagi menerima kiriman domba untuk penggemukan, dirinya juga mengingatkan tim WIF untuk tidak menerima kunjungan dari luar.

“Virus PMK ini mudah sekali menyebarnya, karena itu untuk memutus mata rantai penyebaran PMK kami menolak kunjungan dari pihak luar. Mau itu peternak, mahasiswa atau lainnya. Meski tidak berbahaya untuk manusia karena virus PMK ini hanya menyerang hewan berlambung empat dan berkuku dua, tapi virus ini bisa terbawa oleh manusia. Karena itu untuk kunjungan, sementara ini tidak diperbolehkan,” jelas Abah Tariyat.

Begitu juga kandang WIF tidak lagi menerima kiriman domba atau kambing penggemukan pada bulan April lalu.

“Kambing atau domba untuk penggemukan itu masuk ke WIF di bulan April sebelum Idul Fitri. Pada saat itu, belum ada kabar ada virus PMK. Insya Allah, hewan di kandang WIF terjaga dari virus PMK," lanjut Abah Tariyat.

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui 4 Cara Jitu Mengontrol Ego

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:12 WIB

Bahaya Tidur di Lantai, Ketahui Alasannya

Minggu, 19 Juni 2022 | 11:09 WIB
X