• Minggu, 14 Agustus 2022

Penyebab dan Gejala Cacar Monyet yang Dikabarkan Masuk ke Jawa Tengah

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:11 WIB
Cacar monyet (Live Science)
Cacar monyet (Live Science)

INSIDEN24.COM - Penyakit cacar monyet dikabarkan masuk ke Jawa Tengah dan Gubernur Ganjar Pranowo membenarkan kasus tersebut meski statusnya masih suspek.

Ganjar mengatakan, wabah yang dicurigai cacar monyet ini sudah dua kali masuk ke Jaw Tengah meski kasus pertama ternyata negatif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium.

Kali ini, gejala cacar monyet dikabarkan kembali masuk ke Jawa Tengah. Ganjar pun meminta masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada.

Baca Juga: Cacar Monyet Dikabarkan Masuk ke Jawa Tengah, Taj Yasin Minta Masyarakat Periksakan Diri jika Sakit

Gubernur Ganjar juga meminta pemerintah pusat untuk memperketat pengawasan pintu masuk dari negara lain karena wabah tersebut berasal dari luar negeri.

Untuk mengetahui dan mengantisipasi cacar monyet, penting kiranya dijelaskan penyebab dan gejala monkeypox ini yang dilansir Insiden24.com dari Healthline.

Apa itu cacar monyet?

Penyakit langka cacar monyet monkeypox disebabkan oleh virus. Demam, pembesaran kelenjar getah bening, dan ruam yang luas adalah ciri khasnya. Pada wajah dan ekstremitas, ruam meninggalkan banyak lesi.

Cacar monyet paling umum ditemukan di Afrika tengah dan barat. Meskipun ada beberapa kasus cacar monyet yang diverifikasi pada tahun 2021, penyakit ini jarang terjadi di Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya termasuk Indonesia.

Halaman:

Editor: F Riad

Sumber: Pemprov Jateng, Healthline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X