• Minggu, 14 Agustus 2022

Waspada Bahaya Penyakit Cacar Monyet Dapat Menimbulkan Komplikasi Serius

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:08 WIB
Waspada bahaya penyakit Cacar Monyet.(Pixabay)
Waspada bahaya penyakit Cacar Monyet.(Pixabay)
INSIDEN24.COM - Semenjak munculnya dua kasus cacar monyet di Jawa Tengah, membuat masyarakat panik akan bahaya yang ditimbulkan. 
 
Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, pada gejala tertentu, penyakit cacar monyet ini dapat menimbulkan komplikasi yang serius. 
 
Komplikasi cacar monyet lebih mudah menyerang anak-anak, orang dengan daya tahan tubuh lemah, dan orang yang belum mendapat vaksinasi
 
 
Selain itu, orang yang berada di negara endemis atau daerah dengan sanitasi buruk lebih cenderung terinfeksi cacar monyet
 
Seperti dikutip Insiden24.com dari laman Alodokter, komplikasi yang dapat terjadi akibat cacar monyet yaitu :
 
1. Infeksi bakteri
2. Infeksi paru-paru (bronkopneumonia)
3. Radang otak (ensefalitis)
4. Infeksi kornea (keratitis)
 
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC),1 dari setiap 10 cacar monyet akan mengakibatkan kematian jika gejala yang dialami parah.
 
 
Gejala yang parah ditandai dengan cacar menjadi lebih muda, terpapar virus dalam waktu lama, memiliki kesehatan yang buruk secara keseluruhan, dan mengembangkan komplikasi.
 
Tak hanya itu, dalam kasus yang parah, lesi atau pertumbuhan jaringan abnormal pada kulit dapat menyebabkan kulit rontok. 
 
Gejala penyakit cacar monyet hampir mirip dengan Covid-19, untuk yang terpapar harus mengisolasi diri agar tidak menularkan kepada yang lain. ***
 
 

Editor: Anugrah A

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X