• Sabtu, 2 Juli 2022

Monyet Liar di Jembatan Citarum Lama Jadi Objek Wisata Ngabuburit

- Kamis, 7 April 2022 | 22:10 WIB
Monyet liar di sekitar Jembatan Citarum Lama di Cianjur berinteraksi dengan dengan warga yang ngabuburit. (INSIDEN24.COM/ DEDE ASYARI)
Monyet liar di sekitar Jembatan Citarum Lama di Cianjur berinteraksi dengan dengan warga yang ngabuburit. (INSIDEN24.COM/ DEDE ASYARI)

CIANJUR, INSIDEN24.COM - Monyet liar yang berada di Jembatan Citarum Lama menjadi objek wisata ngabuburit warga Cianjur

Jembatan Citarum Lama pembatas Kabupaten Cianjur (Kecamatan Haurwangi) dan Kabupaten Bandung Barat (Kecamatan Cipatat) setiap sore di bulan Ramadhan ini, selalu dipadati pengunjung yang mayoritas para kawula muda untuk melihat monyet liar.

Para pengunjung datang dari berbagai pelosok di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk ngabuburit sambil menyaksikan monyet liar di Jembatan Citarum Lama.

Baca Juga: Gunakan Visa Ziarah Warga Cianjur Meninggal di Riyadh

Tokoh masyarakat setempat, Sam Apip (60) kepada Insiden24.com mengungkapkan, kehadiran pengunjung yang mayoritas para kawula tersebut untuk mengisi acara "Ngabuburit “ dengan menikmati pemandangan alam yang indah juga bercengkerama dengan ratusan monyet liar yang sudah jinak di sekitar Jembatan Citarum Lama.

“Setiap bulan suci Ramadhan, tempat ini selalu ramai dikunjungi para kawula muda dari dua kabupaten, yakni Cianjur dan Bandung Barat, untuk acara ngabuburit,“ kata Sam Apip.

Keberadaan monyet-monyet liar di hutan sekitar Jembatan Citarum lama, lanjut Sam Apip, sudah dari dulu menjadi tontonan masyarakat, terutama mereka yang bepergian, baik dengan memakai kendaraan roda du, mobil pribadi maupun angkutan umum dari Bandung atau sebaliknya.

“Pagi hari maupun sore hari biasanya mereka keluar untuk mencari makan, dan itu menjadi tontonan menarik bagi mereka yang melewati Jembatan Citarum lama. Sejak dibangunnya Jembatan Citarum yang baru, pemandangan tersebut sudah tidak bisa dinikmati lagi oleh mereka yang melakukan perjalan ke arah Bandung, atau sebaliknya dari arah Bandung menuju arah Cianjur karena mereka tidak melewati Jembatan Citarum lama yang dikelilingi hutan di mana para monyet liar tersebut berada.

Jembatan Citarum Lama di Cianjur menjadi tempat ngabuburit warga sekaligus melihat monyet liar di sekitar lokasi itu. (INSIDEN24.COM/ DEDE ASYARI)

Ujang Muslih (30), warga Kampung Kiara, Desa Mandalawangi, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, salah satu pengunjung mengatakan, dia bersama enam rekannya hampir setiap hari selama bulan Ramadhan sengaja mendatangi lokasi tersebut dengan tujuan menunggu datangnya waktu berbuka puasa.

Halaman:

Editor: F Riad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X