• Minggu, 14 Agustus 2022

Dikirim dari China, Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim ke Indonesia

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:50 WIB
Rangkaian kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).* (ANTARA/HO-PT KAI/am)
Rangkaian kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).* (ANTARA/HO-PT KAI/am)

INSIDEN24.COM - Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah dikirim dari China mulai hari ini, Jumat 5 Agustus 2022.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengatakan pengiriman EMU dan CIT ini merupakan pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri.

Pengiriman EMU ini ditandai dengan seremoni kegiatan 'Penyelesaian Manufaktur dan Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)' yang disiarkan secara daring.

"Pengiriman perdana EMU dan CIT ini akan menandai sejarah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri," kata Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Siwon Dipastikan Absen di Konser Super Junior di Manila, Agensi Beberkan Alasannya

Sebagai informasi, EMU merupakan rangkaian kereta cepat dengan spesifikasi canggih dan mampu memonitor bahaya seperti bencana gempa bumi, banjir, serangan objek asing, serta tahan api.

Rangkaian EMU dan CIT KCJB juga dirancang sesuai dengan kondisi geologis di Pulau Jawa.

Di dalamnya terdapat teknologi canggih berupa disaster monitoring sehingga kereta ini bukan hanya mampu melesat dengan cepat, namun juga memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang sangat tinggi.

Sistem keamanan yang terpasang dalam rangkaian EMU KCJB, katanya, akan ditopang oleh berbagai instrumen keamanan seperti Dispatching Monitoring Center, sensor pendeteksi ancaman di sepanjang trase KCJB, dan Disaster Monitoring Terminal di Tegal Luar sebagai pusat pengelolaan data kebencanaan

Halaman:

Editor: Purpur Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal GB WhatsApp dan Risiko Bagi Penggunannya

Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:35 WIB
X