• Selasa, 31 Januari 2023

Sejarah Sunda, Pengaruh Hinduisme Dalam Budaya dan Tradisi Kehidupan "Urang Sunda"

- Jumat, 2 September 2022 | 19:53 WIB
Ilustrasi sejarah sunda, pengaruh Hinduisme dalam dudaya dan tradisi kehidupan "Urang Sunda".* (bukabuku.com)
Ilustrasi sejarah sunda, pengaruh Hinduisme dalam dudaya dan tradisi kehidupan "Urang Sunda".* (bukabuku.com)

INSIDEN24.COM - Tidak seorang pun yang tahu kapan persisnya pola budaya Hindu mulai berkembang di Indonesia, dan siapa yang membawanya.

Meski diakui bahwa pola budaya Hindu tersebut datang dan berasal dari India, mungkin dari pantai selatan. Tetapi karakter Hindu yang ada di Jawa menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawabannya.

Misalnya, pusat-pusat Hindu yang utama bukan di kota-kota dagang di daerah pesisir, tetapi lebih di pedalaman. Tampaknya menjadi kesimpulan yang jelas bahwa ide-ide keagamaanlah yang telah menaklukkan pemikiran orang setempat, bukan tentara.

Baca Juga: Brigjen NA Penembak Kucing di Mutasi Panglima TNI

Sebuah teori berpendapat bahwa kekuatan para penguasa Hindu/India telah menarik orang-orang Indonesia kepada kepercayaan-kepercayaan roh-magis agama Hindu.

Entah bagaimana, banyak aspek dari sistem kepercayaan Hindu diserap dan merasuki pemikiran orang Sunda dan juga Jawa.

Karya sastra Sunda yang tertua yang terkenal adalah Caritha Parahyangan. Karya ini ditulis sekitar tahun 1000, inti dari ceritanya mengagungkan raja Jawa Sanjaya sebagai prajurit besar.

Padahal Sanjaya sendiri adalah pengikut Shiwaisme, maka tidaklah heran karena seperti diketahui bahwa Agama Hindu telah mengurat dan mengakar dengan kuat sebelum tahun 700.

Justru yang sangat mengherankan kira-kira pada waktu ini, agama India kedua yakni Buddhisme, pengaruh dan kemunculannya relatif singkat.

Halaman:

Editor: Bambang Bu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cap Go Meh ! Akhir Dari Perayaan Tahun Baru Imlek 

Kamis, 19 Januari 2023 | 18:00 WIB
X