• Senin, 26 September 2022

Unggulkan Taman Wisata Air dan Kerinci, Desa Wisata Pentagen Jambi Masuk 50 Besar ADWI 2022

- Jumat, 23 September 2022 | 00:17 WIB
Unggulkan Taman Wisata Air dan Kerinci, Desa Wisata Pentagen Jambi Masuk 50 Besar ADWI 2022
Unggulkan Taman Wisata Air dan Kerinci, Desa Wisata Pentagen Jambi Masuk 50 Besar ADWI 2022

 

INSIDEN24.COM-Desa Wisata Pendung Talang Genting (Pentagen) di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Unggulan berupa daya tarik wisata buatan berbasis taman wisata air (Taman Pertiwi) yang dibalut dengan sejuknya nuansa alam Kabupaten Kerinci

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Pentagen, kemarin, mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Pentagen yang telah mampu menembus 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022.

Baca Juga: Berburu Sunrise di Wisata Kawah Putih Ciwidey yang Luar Biasa Mempesona

"Alhamdulillah Desa Wisata Pentagen berhasil menembus 50 besar desa terbaik di Indonesia. Kita sudah melihat bagaimana inisiasi kreasi anak bangsa dalam mengubah rawa-rawa yang tidak bernilai ekonomi menjadi sebuah situ atau di sini disebut embung. Bukan hanya untuk irigasi, perikanan, tapi juga untuk taman wisata," kata Sandiaga Uno. 

Area wisata di Desa Wisata Pentagen yang disebut sebagai Taman Pertiwi ini dulunya merupakan rawa seluas 1,8 hektare yang tidak terurus. Namun sejak 2017, oleh BUMDes  dikelola bersama warga setempat.

Hal ini tidak lepas dari ketertarikan masyarakat yang mulai berdatangan untuk melihat daya tarik embung desa ini. Sehingga dilakukan berbagai penambahan fasilitas dan sarana prasarana penunjang kegiatan wisata. Di tahun 2018 Taman Pertiwi baru dibuka untuk publik. 

Baca Juga: Agro Edu Wisata Petik Jeruk di Cidolog, Petik Sendiri, Cicipi dan Beli Jeruknya

Halaman:

Editor: Bambang Bu

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Terkini

Sepetak Surga Belahan Timur Indonesia, Labuan Bajo

Minggu, 25 September 2022 | 03:13 WIB

Menikmati Wisata Sunrise Point Cukul Pangalengan

Jumat, 23 September 2022 | 13:14 WIB
X