• Minggu, 29 Januari 2023

Pantai Karang Hawu, Wisata yang Menyimpan Keindahan dan Pesona Alam Sukabumi

- Selasa, 22 November 2022 | 17:23 WIB
Pesona Pantai Karang Hawu, Keindahan Pantai yang eksotis di Sukabumi
Pesona Pantai Karang Hawu, Keindahan Pantai yang eksotis di Sukabumi

INSIDEN24.COM - Wisata Sukabumi sangat direkomendasikan menjadi tujuan liburan kamu karena memiliki nuansa yang indah dan berkesan.

Banyak destinasi di Sukabumi yang bisa kamu pilih, mulai dari curug, pantai, perbukitan dan lainnya.

Pantai Karang Hawu dapat kamu pilih karena pesonanya dan suasana pantai yang eksotis.

Baca Juga: Menguji Adrenalin di Wisata Terbaru Jembatan Kaca Gianyar Bali Terpanjang di Asia Tenggara

Seperti dikutip dari nativeindonesia.com, Pantai Karang Hawu berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, yang memberikan nuansa pantai dengan deburan ombak yang cukup kencang.

Pantai Karang Hawu dipercaya merupakan alun-alun utara atau bisa dibilang gerbang pintu masuk menuju kerajaan gaib dari Nyi Roro Kidul.

Pantai Karang Hawu memiliki larangan yakni adanya larangan menggunakan pakaian berwarna hijau, yang berlaku di sepanjang Pantai Pelabuhanratu termasuk di Pantai Karang Hawu ini.

Hal tersebut dikarenakan warna hijau merupakan warna kesukaan dari Nyi Roro Kidul, dan apabila ada pengunjung yang memakai baju berwarna hijau akan hilang terbawa arus kemudian dijadikan prajurit oleh beliau.

Tapi apabila dilihat secara ilmiah, jika pengunjung menggunakan baju berwarna hijau ditakutkan ketika terbawa arus akan lebih sulit untuk ditemukan.

Baca Juga: Sensasi Wisata Berenang Bersama Ikan Dewa di Kolam Cibulan Kuningan

Lokasi dari Pantai Karang Hawu berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, tepatnya beralamat di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Karang Hawu diantaranya : Area parkir kendaraan, Spot foto, Kamar mandi atau Toilet, Warung makanan dan minuman, Gazebo dan Penginapan atau Hotel.

Nama Pantai Karang Hawu diambil dari bentuk batuan karang yang menyerupai hawu atau alat pembakaran yang biasa disebut tungku.

Kondisi Pantai Karang Hawu saat ini tampak cantik, terdapat beberapa perbaikan di beberapa sisinya. Misalnya saja di gerbang masuknya, landmarknya, serta adanya tambahan beberapa spot foto.

Sumur di Pantai Karang Hawu bukanlah seperti sumur pada umumnya, melainkan sebuah cekungan yang dikelilingi batu karang dimana jumlahnya ada 7 buah.***

Editor: Anugrah A

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X