• Minggu, 4 Desember 2022

Curug Nangga, Keajaiban Alam yang Indah Menakjubkan di Banyumas

- Jumat, 25 November 2022 | 04:15 WIB
Curug Nangga memiliki keindahan dengan aliran airnya terdiri dari tujuh tingkatan.
Curug Nangga memiliki keindahan dengan aliran airnya terdiri dari tujuh tingkatan.

INSIDEN24.COM - Curug Nangga sudah terkenal keindahannya. Banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan alamnya kemudian memposting di media sosial mereka.

Curug Nangga memiliki keindahan dengan aliran airnya terdiri dari tujuh tingkatan. Sehingga masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Curug Tujuh.

Curug Nangga mempunyai aliran air yang mengalir dari setiap tingkatannya yang menimbulkan suara  menenangkan. Ketinggian masing-masing tingkatan curugnya bervariasi, yang paling atas memiliki ketinggian yang paling tinggi.

Baca Juga: Objek Wisata Farm House Lembang, Liburan Seru Keluarga dengan Konsep Gaya Eropa

Semakin kebawah semakin berkurang tingginya. Lokasi Curug Nangga ini berada di antara pesawahan dan hutan yang masih rindang. Sejauh mata memandang kamu hanya melihat hamparan keindahan alam.

Curug ini diberi nama Curug Nangga dikarenakan bentuknya yang berundak-undak dan menyerupai sebuah tangga, maka disematkanlah nama Curug Nangga. Curug yang berarti air terjun dan Nangga yang diambil dari kata tangga.

Tak sedikit pengunjung yang mengagumi keindahan Curug Nangga ini, mereka begitu takjub dengan hamparan alam yang ada di depan mata.

Air yang dialirkan Curug Nangga cukup deras, dan jernih. Namun jika hujan datang airnya akan berwarna kecoklatan.

Disekitar kolam penampungan airnya terdapat beberapa bebatuan yang dapat kamu pijaki, untuk berada selangkah lebih dekat dengan aliran curug yang paling bawah.

Baca Juga: Destinasi Wisata 3 Pulau di Pandeglang Banten, Wisata Seru Bermain Snorkeling

Merasakan segarnya air Curug Nangga, namun kamu harus berhati-hati karena akan sedikit licin jika basah.

Ragam Wisata Curug Nangga

Di area Curug Nangga kamu tidak bisa melakukan aktivitas berenang atau merasakan deburan airnya jatuh mengenai badan. Menurut pengelola setempat kolamnya cukup dalam sehingga tidak aman jika digunakan untuk berenang.

Namun kamu bisa menuju dan mendekati setiap tingkatan air terjunnya, dengan menapaki beberapa anak tangga yang berada di samping. Dan merasakan keindahan disetiap tingkatan Curug Nangga.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan adalah tentu saja mencari spot terbaik, untuk kamu abadikan menjadi sebuah foto atau video. Panorama keindahan alamnya merupakan latar terbaik dan wajib kamu abadikan.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa. Hamparan sawah yang tertata rapih, barisan pegunungan yang menyejukkan serta rindangnya pepohonan.

Saat ini area parkir Curug Nangga sedang diperbaiki, jadi kamu bisa memarkirkan kendaraanmu dekat dengan warung-warung yang ada di sekitar jalan.

Baca Juga: Obyek Wisata Bukit Kacapi Tasikmalaya, Melihat Permadani Hijau Kebun Teh Sambil Berenang di Kolam Instagenik

Setelah memarkirkan kendaraan kamu harus menaiki beberapa anak tangga, panorama Curug Nangga sudah dapat kamu saksikan.

Jika ingin melihatnya dari dekat kamu harus menuruni tangga yang masih alami terbuat dari batu dan tanah, namun terdapat pegangan yang dicat warna-warni dikiri dan kanannya.

Lokasi Dan Alamat Curug Nangga

Lokasi dan alamat Curug Nangga berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen (Ajibarang), Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Nangga

Rute menuju Curug Nangga ini sangat mudah, akses jalannya mudah dilalui kendaraan bermotor. Untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda empat harus tetap fokus dan hati-hati.

Jika kamu bergerak dari alun-alun Banyumas kamu akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam lamanya. Setelah berada disepanjang jalan raya, kamu akan memasuki jalan pedesaan.

Atau kamu dapat mengabil rute dari Jalan nasional Tegal-Purwokerto di Desa Cikawung, Kec. Pakuncen. Beberapa saat kemudian kamu akan menemukan pertigaan, yang lokasinya tak jauh dari PO. Bus Sumber Alam.

Jika kamu dari arah Tegal kamu arahkan kendaraanmu ke kanan, untuk kamu yang bergerak dari Purwokerto kamu harus belok kiri.

Lalu terus ikuti jalan tersebut serta petunjuk jalan yang telah tersedia hingga melewati Desa Semedo kemudian berakhir di Desa Petahunan.

Baca Juga: Wisata Favorit Puncak Jamiaki Ciamis, Camping di Ketinggian Sambil Menikmati Malam City Light Tasik-Ciamis

Tiket Masuk dan Parkir Curug Nangga

Untuk tiket masuk dan parkir Curug Nangga terbilang sangat murah, jika dibandingkan dengan keindahan yang akan didapatkan. Harganya yakni:

·         Tiket Masuk                : Rp. 5.000,- per orangnya

·         Parkir Motor                : Rp. 2.000,- per unitnya

·         Parkir Mobil                : Rp. 5.000,- per unitnya

Jam Operasional Curug Nangga

Untuk jam operasional Curug Nangga sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 wib.

Fasilitas Curug Nangga

Curug Nangga saat ini masih dalam proses pengembangan, sehingga belum banyak fasilitas yang tersedia. Fasilitas yang sudah ada diantaranya:

·         Warung-warung makanan

·         Area parkir

·         Toilet umum.***

Editor: Anugrah A

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X